Buku Konsolidasi Perpres 54 tahun 2010

Dengan keluarnya peraturan presiden no 70 tahun 2012 tentang perubahan kedua dari perpres 54 tahun 2010 tentang pengadaan barang/jasa pemerintah, maka diperlukan suatu susunan dalam satu naskah dari dua perubahan perpres 54 tahun 2010 dengan isi perpres aslinya. Susunan dalam satu naskah atau lebih dikenal dengan konsolidasi perpres 54 tahun 2010 ini sangat diperlukan karena dibanding dengan membuka dua atau tiga buku yaitu buku perpres 54 tahun 2010, perpres 35 tahun 2011 dan pepres 70 tahun 2012, maka cukup dengan menggunakan satu buku konsolidasi waktu kita tidak akan habis dengan membuka beberapa buku.


Apalagi kalau buku konsolidasi perpres tersebut sudah dilengkapi dengan penjelasannya, hal ini juga akan mengurangi waktu untuk membolak balik buku perpres dari halaman depan ke bagian belakang, dan apalagi kalau penjelasannya sudah berada di samping atau di bawah dari masing-masing pasalnya. Lebih lagi kalau dalam konsolidasi ini bagian-bagian yang mengalami perubahan sudah ditandai dengan jelas dan to the point pada bagian mana berubahnya. Kalau yang berubahnya hanya satu kata maka ditandai kata tersebut saja tidak semua pasal, begitu pula kalau hanya beberapa kata atau satu kalimat saja, maka yang ditandai hanya kalimat yang mengalami perubahan saja, tidak semua/satu pasal di beri bold atau warna berbeda, sehingga jelas dan terarah, tidak perlu berfikir lagi apa yang digantinya atau dirubahnya, semuanya sudah jelas.

Begitu pula dalam footnote keterangan tentang perubahan dari perpres 54 tahun 2010 oleh perpres 70 tahun 2012, akan lebih baik menggunakan buku konsolidasi yang menerangkan jelas langsung ke intinya apakah mengalami perubahan, apakah mengalami penambahan kata, penghilangan kata, atau penambahan pengurangan angka, dsb, bukan hanya sekedar disesuaikan atau dirubah dengan perpres 70 tahun 2012 saja.

Untuk  memperoleh buku konsolidasi yang efektif efisien dan tidak berbayar alias gratis, dapat diperoleh pada ebook gratis yang dirilis oleh www.pengadaan.web.id pada link di bawah ini:

download konsolidasi perpres 54 tahun 2010